Kamis, 04 April 2013

Berkenalan Dengan TOEFL ITP

Sebelum anda membaca artikel ini, ada baiknya anda juga membaca artikel di bawah ini:
1. Informasi Pendaftaran TOEFL ITP
2. Perhitungan Skor TOEFL ITP
3. Daftar Test Center TOEFL ITP di Seluruh Indonesia

Apa itu TOEFL ITP? TOEFL ITP (Institutional Testing Program) adalah salah satu jenistes yang dikelauarkan oleh English Testing System (ETS) khusus untuk wilayah Asia. Skor TOEFL ITP bersifat institutional yang berarti hanya digunakan untuk institusi dan wilayah lokal tertentu dan tidak berlaku untuk seluruh negara di dunia.

Meskipun tidak berlaku di seluruh dunia, TOEFL ITP masih bisa digunakan sebagai prasyarat pengajuan beasiswa tertentu seperti DAAD, Fullbright, StuNed, Monbukagakusho, ADS dan sebagainya.

TOEFL ITP terdiri atas tiga sesi ujian, antara lain Listening, Structure and Written Expression dan Reading Comprehension. Masing-masing sesi ujian memiliki jumlah soal dan waktu kerja yang berbeda-beda.

Listening

Jumlah soal : 50 soal
Waktu kerja : 30-40 menit
Terbagi menjadi 3 bagian, yaitu
  • Part A : Percakapan pendek
  • Part B : Percakapan panjang
  • Part C : Monolog panjang

Structure and Written Expression

Jumlah soal : 40 soal
Waktu kerja : 25 menit
Terbagi menjadi 2 bagian, yaitu
  • Part A : Berupa soal dengan jawaban pilihan ganda
  • Part B : Berupa soal untuk memilih jawaban yang salah 

Reading Comprehension

Jumlah soal : 50 soal
Waktu kerja : 55 menit

Tidak perlu khawatir bila terdapat jawaban yang salah pada ujian TOEFL ITP, karena tidak akan ada pengurangan nilai pada TOEFL ITP. Setelah mengerjakan semua soal TOEFL ITP sekitar seminggu atau dua minggu kemudian peserta TOEFL ITP akan diberikan semacam sertifikat skor TOEFL yang nantinya menjadi tolak ukur kemampuan bahasa Inggrisnya. Sertifikat ini berlaku hingga 2 tahun, terhitung sejak tanggal diterbitkannya sertifikat. Adapun skor TOEFL ITP yang diberikan berkisar antara 310-677.

sertifikat toefl
Contoh Sertifikat TOEFL ITP Resmi dari ETS

2 komentar :

  1. Mas kalau no yang kecil bag kiri paling bawah itu apaan yah?? No sertifikat dan tgl penerbitan sertifikatx d mana yah mas?? Makasih

    BalasHapus
  2. saya juga bingung ini no.sertifikat nya dimana ya??

    BalasHapus

Bila anda memiliki pertanyaan, silahkan meninggalkan pesan di kolom komentar. Bila terdapat komentar spam, junk, dan iklan akan segera kami hapus.